Monday, February 22, 2010

Sign Of The Last Hour

semalam saya mendengarkan Ceramah yang disampaikan Sheikh Imran N. Hossein yang berkaitan tentang tanda-tanda hari kiamat, judulnya "Dajjal: The False Messiah". Beliau membuka ceramahnya dengan sedikit terisak karena begitu tersentuh dengan kegigihan para relawan untuk mengadakan acara tahunan tersebut. Lalu ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada guru beliau dan istrinya.

Pembahsan pertama, dimulai dari hadits Arba'in An Nawawi yang kedua. berikut bunyi hadits panjang tersebut

Dari ‘Umar radhiyallahu’anhu –juga- dia berkata: Pada suatu hari, ketika kami berada di sisi Rasulullah, tiba-tiba muncul di hadapan kami, seorang laki-laki yang berpakaian sangat putih dan berambut hitam legam, tidak terlihat padanya bekas-bekas perjalanan jauh, dan tidak seorangpun dari kami yang mengenalnya.

Hingga ia duduk di hadapan Nabi, lalu menyandarkan kedua lututnya ke lutut Nabi dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua pahanya. Lalu ia berkata, “Ya Muhammad, khabarkan kepadaku tentang Islam?”

Maka Rasulullah bersabda,
”Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada Ilah yang diibadahi dengan hak, kecuali Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan ramadhan, dan engkau berhaji ke Baitullah, jika engkau mampu melakukannya.”

Orang itu berkata, ”Engkau benar.”

Dia (rawi) berkata, “Maka kami pun terheran-heran dengannya. Ia bertanya kepada Rasulullah, namun ia sendiri yang membenarkannya.

Lalu orang itu bertanya lagi, “Khabarkan kepadaku tentang iman?”

Beliau menjawab, “Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhir, dan engkau beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk.”

Dia berkata, “Engkau benar.”

Lalu ia berkata lagi, “Khabarkanlah kepadaku tentang ihsan?”

Rasulullah bersabda, “Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu.”

Dia berkata, “Khabarkan kepadaku tentang hari kiamat?”

Beliau bersabda, “Orang yang ditanya tidak lebih mengetahui dari yang bertanya.”

Dia berkata, “Kalau begitu, khabarkanlah kepadaku tentang tanda-tandanya?”

Beliau bersabda, “Budak wanita akan melahirkan tuannya, dan engkau akan melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang lagi miskin, para penggembala kambing saling berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.”

Dia berkata, “Kemudian orang itu pergi. Lalu aku tidak bertemu (dengan Rasullah) beberapa waktu.
Kemudian Rasulullah berkata kepadaku, “Ya ‘Umar, tahukah engkau siapa yang bertanya tadi?”

Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.”

Rasulullah bersabda, “Dia adalah Jibril, dia datang kepada kalian untuk mengajarkan urusan agama kepada kalian.” (HR. Muslim)


Saya menebalkan 2 kalimat dari hadits diatas karena hal tersebut merupakan inti pembahasan yang dilakukan oleh Sheikh Imran. Ada 2 tanda dari hadits tersebut.

1. Budak wanita akan melahirkan tuannya.
2. orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang lagi miskin, para penggembala kambing saling berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.

Disini kita ada tanda yang sangat mudah dikenali dan sangat sulit sehingga membutuhkan analisa mendalam. untuk tanda yang sangat mudah adalah tanda yang kedua. Untuk mempermudah, saya akan membagi dua kalimat tersebut.

Yang pertama "orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang lagi miskin, para penggembala kambing". Dan yang kedua "berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi".

"Berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi" 

 
Bersambung InshaALLAH


















3 comments: