Monday, November 30, 2009

My Brand New Ubuntu Studio !!!


AlhamduliLLAH setelah hari sabtu kemaren memutuskan untuk mengganti Mint 7 Gloria dengan Ubuntu Studio. Akhirnya hari ini selesai juga realisasi dari rencana yang sempat tertunda. Sebuah distro yang memiliki tampilan grafis keren plus feature yang support multimedia. Ubuntu Studio yang berbasis Karmic Koala, memiliki tampilan grafis yang meningkat tajam dari versi sebelumnya 9.04 atau lebh familiar dengan codename : jaunty jackalope.

Bagi banyak pengguna linux pada umumnya, hanya memanfaatkan OS ini untuk networking dan office. Tapi berbeda dengan saya yang lebih fokus untuk eksplorasi multimedia, oleh karena itulah saya memilih ubuntu Studio. Di linux akan banyak kita temui berbagai free software yang memiliki banyak fitur yang sangat canggih. Diantaranya adalah GIMP (GNU Image Manipulating Program), Inkscape, Blender, Kdenlive, Audacity, K3B, etc.



Inkscape hampir serupa dengan coreldraw di windows, tapi menurut saya inkscape jauh lebih keren karena sangat ringan, stabil, dan powerful. Sangat disayangkan karena banyak perusahaan percetakan tidak menggunakan software canggih yang gratis ini. Kebanyakan seh alasannya males belajar lagi. Yah, maaf saja saya harus mengatakan "Most of Indonesian mindset are Inlander, or so I say set to Inlander mindset and consumerism by Governance"



Untuk Film Production saya menggunakan kdenlive dan Blender untuk render animasi 3d. Walau agak sedikit kesulitan dengan tampilan yang lumayan ribet, tapi jadi senang sendiri karena banyak menemukan hal baru.



Demikanlah, Ubuntu Studio 9.10 emang keren walau gag perfect karena masih ada bugs yang harus di patch. Tapi salut dengan para developer yang berkontribusi untuk mengembangkan Open Source Multimedia Editing and Designing. Maju terus Linuxer Indonesia. Dan sudah sepatutnya bagi muslim untuk menggunakan software yang halal.

WaALLAHUa'lambishawwab

1 comment: